Kamis, 10 Januari 2008

Renungan Tahun Baru 1429 H


Selamat Datang 1 Muharam 1429 H




Waktu senantiasa bergulir dan terkadang kita tidak menyadarinya, "tiba-tiba saja tahun sudah berganti. Alangkah bijaknya bila kita bisa mengatur dan menggunakan waktu sebaik mungkin seperti apa yang disabdakan Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad didalam Musnadnya dari Ibn Abbas:


اغتنم خمسا قبل خمس حياتك قبل موتك، وصحتك قبل سقمك،
وفراغك قبل شغلك، وشبابك قبل
هرمك وغناك قبل فقرك



Rebutlah lima perkara sebelum [datang] lima perkara: Hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, masa lapangmu sebelum masa sibukmu, masa mudamu sebelum masa tuamu dan masa kayamu sebelum faqirmu. (Hadis Riwayat Imam Ahmad didalam Musnadnya dari Ibn Abbas)


Selanjutnya, Rasulullah SAW bersabda, ''Orang yang cerdas adalah orang yang pandai menghisab dirinya di dunia dan beramal untuk kehidupan setelah mati sedangkan orang yang bodoh adalah orang yang dirinya selalu mengikuti hawa nafsunya dan hanya suka berharap kepada Allah tanpa melakukan apa-apa.'' (Hadis Riwayat Tirmidzi).



''Hisablah diri kamu sekalian sebelum dihisab oleh Allah. Dan berhias dirilah (dengan amal) untuk menghadapi ujian terbesar. Sesungguhnya, penghisaban di hari kiamat itu hanya akan terasa ringan bagi orang yang terbiasa menghisab dirinya di dunia.'' ( Umar al Khattab)


Adalah saatnya sekarang untuk mengadakan introspeksi diri sejauh mana kita melangkah-Lakukanlah penghisaban atas amal-amal yang telah kita lakukan sebelum sakaratul maut sampai pada kerongkongan dan pintu taubat sudah tertutup, hari ini adalah hari kita maka berbuatlah sebaik mungkin karena esok adalah hari yang masih gaib dan kita belum tentu sampai hari esok. Selamat datang wahai sang waktu yang senantiasa memberi kesempatan kepada kita untuk beramal.